Senin, 30 Juni 2014

Mau kerja di Jepang? Jadilah kertas kosong!

Bermimpi untuk bekerja di Jepang dan gak keberatan untuk mengikuti budaya kerja yang mungkin sedikit lebih berat apabila dibandingkan dengan perusahaan di negara lain? Ada tips yang cocok buat kamu, jadilah  seperti halaman kertas kosong yang siap dibentuk dan diisi seperti apapun!

Ya, seperti dikutip rocketnews dari situs NicoNico News, seorang lulusan sebuah universitas di Jepang yang sebelumnya telah ditolak lamaran kerjanya oleh banyak perusahaan, rela mengambil resiko sembari memohon dan mengatakan “Perusahaan ini adalah opsi terakhir yang aku punya,” di hadapan orang yang sedang mewawancarainya. “Aku akan melakukan apapun!” dan percaya atau tidak dia berhasil mendapatkan pekerjaan dan telah memasuki tahun kesembilannya bekerja untuk  perusahaan tersebut.
Beberapa ahli tenaga kerja di Jepang mengakui, bahwa untuk banyak perusahaan di negeri tersebut,fresh graduate yang ideal bagi mereka adalah orang yang bagaikan halaman kertas kosong atau 'hakushi' dalam bahasa Jepangnya, dimana sebuah perusahaan dapat membentuk karyawan tersebut semau mereka. Ketika sebuah perusahaan melatih karyawan baru tersebut, kemauan untuk belajar lebih dihargai ketimbang  pengalaman di masa lalu.

Dengan banyaknya perusahaan yang lebih memilih memperkerjakan fresh graduate, para pencari kerja di Jepang berada dibawah tekanan yang besar untuk mendapatkan perusahaan selepas mereka lulus dari universitas mereka. Tekanan untuk mengamankan pekerjaan membuat mereka berpikiran bahwa pekerjaan apapun, perusahaan manapun di bidang apa saja adalah pilihan yang baik, selama mereka mendapatkan pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentarnya ya....