Kamis, 30 Juni 2022

Andai saja 'Undo' dan 'History' Ada di dunia nyata.

Jika elu sering main Adobe Photoshop, berarti elu udah familiar dengan dua fitur ajaib ini: Undo dan History. Dengan undo, kita bisa membatalkan langkah sebelumnya. Sedangkan History berfungsi untuk memilih langkah mana yang akan dibatalin atau ngeliat pekerjaan yang udah kita lakukan. Misalkan aja kita gak sengaja kecoret saat mau menggambar, tinggal 'Undo' dengan CTRL + Z, Beres. Atau mungkin mau memperbaiki bagian yang salah pada gambar, dengan History, kita bisa pergi ke langkah yang salah tadi dan memperbaikinya. Dengan dua fitur ini, pekerjaan menggambar atau ngedit foto jadi lebih mudah.

Dalam hidup, manusia merupakan tempat salah dan lupa. Setiap hari, ada aja kesalahan yang kita perbuat. Seringkali kesalahan yang kita buat itu merugikan diri kita sendiri atau bahkan orang lain di sekitar kita. Mulai dari gak sengaja numpahin minuman ke laptop sehingga laptopnya rusak dan enggak bisa dipakai, hape kecebur ke air karena sering naruh hape di kamar mandi, hingga lupa enggak menggembok gerbang yang mengakibatkan rumah kita kemalingan. Pokoknya, ada aja kesalahan yang kita perbuat entah disengaja ataupun tidak. 

Gw punya cerita dimana gw enggak manut ama emak gw yang membuat emak gw kehilangan diskon yang semua 184 ribu jadi 104 ribu per bulan. Waktu itu, gw habis beli headset, lalu gw telpon ke kakak gw buat bilang kalau biayanya buat bayar MNC Vision sekitar 184 ribu, setelah kakak gw (yang belum tahu kalau emak lagi di diskon) setuju aja dan gw meluncur ke ATM. Padahal, ibu udah berpesan pada gw kalau gw gak usah bayar MNC Vision-nya dulu sebelum bilang ke kakakku. Tapi, entah karena gw 'zonk' atau apa, gw membayar yang 184 ribu itu ke MNC Vision. Akibatnya, Diskon 80 ribu yang harusnya berlaku sampai bulan November harus hangus karena keteledoran gw. Nasib.... Nasib....

Seandainya Fitur 'Undo' dan 'History' ada di dunia nyata, gw bisa saja membatalkan pembayaran MNC Vision di ATM jadi gw dan emak bisa menikmati diskon tersebut sampai bulan November sehingga emak gw bisa menghemat pengeluaran dan gw gak repot-repot nyari-nyari kerjaan sampai dapat. Atau mungkin ada kejadian dimana gw kehilangan laptop karena kecerobohan gw menaruh gelas berisi air di dekat laptop yang menyebabkan tumpahnya air ke laptop dan mengakibatkan kerusakan parah di laptop gw hingga gak bisa dipake lagi untuk selamanya. Dengan History, gw bisa pergi ke momen sebelum laptop ketumpahan air minum dan memindahkan gelas berisi air jauh dari laptop gw sehingga gw masih bisa laptopan seperti sekarang.

Namun, semua itu hanya khayalan belaka. Semua kesalahan yang kita perbuat sudah terlanjur terjadi dan enggak bisa diubah/diperbaiki lagi. Nasi sudah menjadi bubur. Yang bisa kita lakukan hanya mengambil pelajaran dari kesalahan yang kita perbuat dan berusaha agar menjadi yang lebih baik lagi. Sekaligus menjadi lebih bijak dalam menentukan keputusan di saat-saat penting agar kejadian apes serupa yang kita alami gak terulang lagi.

Sekian, Curhat kali ini, semoga menginspirasi kita semua. Oke wes, bye.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentarnya ya....