Sabtu, 09 November 2019

Trik Simple bin Ajib Me-Rename banyak file sekaligus di Windows Explorer


Bayangin aja saat elu pulang dari event cosplay dengan membawa banyak foto dan kamu ingin mengunggahnya ke blog kamu. Biar ranking SEO elu terdongkrak, elu mesti ngasih caption dengan cara mengubah nama foto yang semula gabungan text dan angka menjadi nama yang relevan dan SEO-able. Umpamanya file dengan nama 'Foto0299.jpg' mau diubah menjadi misalkan 'my_first_cosplay_i_ever_visited.jpg'. Sepengetahuan elu, tinggal klik kanan fotonya, lalu klik 'Rename', udah gitu doang. Lha kalau fotonya sampai ratusan? Selain lama, Pasti repotnya bukan kaleng-kaleng karena ada banyak banget foto yang namanya diubah. Santai ae, sob... Gak usah Gegana, gak usah spaneng! Ada tips kecil yang sangat mudah untuk me-rename file kamu dalam jumlah banyak sekaligus! Gak usah pake software pihak ketiga, cukup menggunakan Windows Explorer kita bisa mengubah banyak nama sekaligus!

Pertama, pilih file-file mana yang ingin elu rename. Tekan dan tahan CTRL, lalu klik kiri file yang ingin elu pilih. Atau kalau kamu mau me-rename semua file-nya, gunakan CTRL + A.

Lalu, klik kanan lalu pilih 'Rename' atau tekan tombol F2. Lalu ketikan nama baru sesuai yang kamu inginkan!
And.... Sim Salabim jadi apa prok prok prok...! Pan Pakapan....! Semua file kamu sudah diganti namanya! Enak Toh!? Mantep Toh!? File yang kamu ubah akan berubah namanya menjadi Cosplay_Tunjungan_Plaza_3_Tanggal_12-5-2012 (1).jpg, Cosplay_Tunjungan_Plaza_3_Tanggal_12-5-2012 (2).jpg, Cosplay_Tunjungan_Plaza_3_Tanggal_12-5-2012 (3).jpg, dan seterusnya.

Tips Penting Banget!
1. Berhati-hatilah dalam me-rename menggunakan trik ini. Kadangkala elu gak sengaja mengubah nama format dalam sebuah file. Akibatnya, file yang bersangkutan gak bisa dibuka karena salah me-rename format.
2. Setau TS, trik ini hanya bisa digunakan untuk file group biar lebih gampang dalam mengatur file.

Sekian, tulisan berfaedah ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan daripada share link anime h3nt0ng, kenapa gak bagi-bagi tips berfaedah kayak gini? Oh iya, dan jangan lupa untuk comment dan follow blog ini, oke? :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentarnya ya....