Jumat, 31 Agustus 2012

Mengapa Hatsune Miku Menjadi terkenal?!

Lagi-lagi saya ambil source dari blog orang.

Siapa yang tidak kenal dengan Hatsune Miku atau biasa dikenal dengan Miku??
Virtual Idol satu ini sangat terkenal diseluruh dunia bahkan sempat masuk dalam acara yang disiarkan oleh salah satu stasiun tv lokal beberapa bulan yang lalu.
Yang menjadi pertanyaan, apakah Hatsune Miku adalah salah satu cerita sukses? Atau permulaan dari adanya Virtual Idol lainnya? Lagipula, bagaimana kalau orang yang menyanyi ini bukanlah manusia? Melainkan kumpulan data program.
Miku terlahir dari sebuah software syntizer suara, Yamaha. Namun bukan dibuat oleh Yamaha. Melainkan beberapa perusahaan telah mengeluarkan produk software syntizer yang sama sebelumnya, pada produk dan merek yang berbeda. Dari komposer yang berbeda serta perusahaan yang berbeda.

Menurut sumbernya, Hatsune Miku di rancang berbeda. Dia dirancang untuk menarik para Otaku. Campuran desainya sungguh berbeda. Yaitu campuran MOE dan cyberpunk. Karena penampilannya yang bagus inilah, bisa mendobrak kepopularitasannya.
Namun desain yang bagus tidaklah cukup jika tidak cocok dengan suaranya. Maka dengan menggunakan sample contoh dari suara artis Saki Fujita. Crypton Future Media membuat suara yang lucu yang sebanding dengan suara bintang pop jepang. Software suara-nya benar-benar menjadi Hit, sehingga Crypton Future Media kualahan dalam memenuhi permintaan pasar yang segera setelah rilis.
Kemudian oleh pengguna "Nico Nico Douga" asal otomania "Ievan Polkka" menyebarkannya kebeberapa website. Segera setelah itu orang-orang yang bahkan tidak pernah berpikir tentang program seperti ini langsung membeli salinan dari Miku Vocaloid 2 ini.
Karena hal itulah sehingga terciptalah aliran-aliran musik baru. Dan juga karena kemudahan menciptakan lagu-lagu di Vocaloid 2 inilah sehingga lagu-lagu asli buatan pengguna program Vocaloid 2 dengan cover suara Miku ini mulai membanjiri internet.
Namun menciptakan ribuan lagu hanyalah awal dari dukungan masyarakat kepada Miku. Kemudian dalam waktu dua tahun setelah kemunculannya program buatan Fan-Made "Miku Miku Dance" diciptakan untuk menambahkan fitur koreografi ke Hatsune Miku's library of songs.
 

Ribuan lagu telah di ciptakan oleh para fan-nya. Ribuan video telah dibuat dan tersimpan di NicoNicoDouga (NND). Bahkan komunitas para pecinta Hatsune Miku banyak yang melakukan kontribusi lagu serta aransemen terbaiknya. Dari mulai tarian, lagu, PV video, dan lainnya! Sugoii!!

Eh iya, dalam rangka memperingati hari kelahiran Miku tanggal 31 Agustus ini, Jihad Bagas Cakra (dengan bangga) mengucapkan Otanjoubi Omedettou Hatsune Miku-chan My Dearest Waifu.

2 komentar:

  1. huaaaaa mau gambar background nya dong kakak member vocaloid nya lengkap nihhh saya pingin kak :D

    BalasHapus
  2. miku miku dance.. semua vocaloid bisa menari...

    BalasHapus

Mohon komentarnya ya....