Sabtu, 22 Juni 2019

Mari mengenal Nihongo (Bahasa Jepang)!

Halo guys... Pada kesempatan kali ini, saya akan mengupas tuntas salah satu bahasa yang merupakan salah satu bahasa pengantar di dunia internasional. Tidak lain dan tidak bukan adalah Bahasa Jepang!
Hasil gambar untuk nihongo

Sedikit penjelasan mengenai Bahasa Jepang.

Bahasa Jepang (日本語; romaji: Nihongo; pengucapan: Nihonggo ) merupakan bahasa resmi di Jepang dimana bahasa ini masuk kedalam rumpun bahasa Japonik. Bahasa ini memiliki jumlah penutur di Jepang sebanyak lebih dari 125 juta jiwa baik di Jepang maupun di luar Jepang seperti Korea dan Republik Rakyat Tiongkok. Ia juga dapat didengarkan di Amerika Serikat (California dan Hawaii) dan Brasil akibat emigrasi orang Jepang ke sana. Namun keturunan mereka yang disebut nisei (二世, generasi kedua), tidak lagi fasih dalam bahasa tersebut.

Bentuk-bentuk penulisan Bahasa Jepang

Bahasa Jepang memiliki tiga bentuk penulisan, Hiragana, Katakana, dan Kanji.

Hiragana

Hiragana merupakan versi abjadnya orang Jepang yang memiliki 46 jenis huruf termasuk vokalnya. Fungsinya adalah untuk menuliskan kata-kata yang asli berasal dari Jepang dan bukan kata serapan, membantu pemula yang belum bisa menulis kanji, sebagai bagian dari kata keterangan dan kata sifat, penunjukkan pembacaan kanji, dan juga sebagai Onomatope.
Tabel Hiragana (Sumber: https://japanesemeow.com/hiragana-and-katakana/)

Contoh Penggunaan:

こんにちは = Kon'nichiwa
さしみ = Sashimi

Katakana

Katakana kurang lebih sama seperti Hiragana, ia memiliki 46 jenis huruf termasuk vokalnya. Perbedaannya adalah memiliki unsur seperti tulisan kanji yang membantu melafalkan karakter-karakter berbahasa asing seperti China dan Inggris.

Tabel Katakana (Sumber: https://japanesemeow.com/hiragana-and-katakana/)

Contoh Penggunaan:

ハンバーガー = Hanbāgā (Hamburger)
アニメ = Anime
インドネシア = Indoneshia (Indonesia)

Kanji

Ini dia bagian penting namu paling sulit dalam Bahasa Jepang! Namanya Kanji. Kanji merupakan tulisan yang diadaptasi dari Tiongkok dengan jumlah huruf lebih dari 2000 jenis huruf dan memiliki dua pelafalan yaitu:

On'yomi:

On'yomi (音読み) atau ucapan Tionghoa adalah cara membaca aksara kanji mengikuti cara membaca orang Tionghoa sewaktu karakter tersebut diperkenalkan di Jepang. Ia memiliki empat jenis On'yomi, yaitu Go-On, Kan-on, Tou-on, dan Kan'you-on

Kun'yomi:

Kun'yomi (訓読み) atau ucapan Jepang adalah cara pengucapan kata asli bahasa Jepang untuk karakter kanji yang artinya sama atau paling mendekati. Kanji tidak diucapkan menurut pengucapan orang Tionghoa, melainkan menurut pengucapan orang Jepang.

Contoh Penggunaan:

青 = shō (On'yomi), Ao (Kun'yomi) = Biru
七 = shichi (On'yomi), Nana (Kun'yomi) = Tujuh

Penutup

Mempelajari bahasa baru khususnya Bahasa Jepang memang tidak semudah yang dipikirkan. Diperlukan waktu, usaha, dan juga motivasi untuk menguasai kompleksitasnya. Tapi, sesuatu yang tampak sulit akan lebih mudah dan menyenangkan apabila sudah ketagihan mempelajarinya. Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Sumber:
Bahasa Jepang @ WIkipedia Bahasa Indonesia
Mari mengenal Bahasa Jepang @ 1CAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentarnya ya....