Minggu, 15 Desember 2019

Samurai. Petarung Perkasa dari Jepang


Siapa yang nggak mengenal Samurai? Sesosok ksatria gagah berani yang berasal dari negeri Jepang ini kagak ada matinya meski udah punah selama masa restorasi Meiji dan tidak absen dalam berbagai anime dan game. Dengan kelihaian berpedang dan memanah, Samurai menjadi ksatria elit yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pentas sejarah Negeri Sakura. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar samurai yang harus kamu tahu! Here we go!

1. Samurai bekerja pada majikan



Samurai pada umumnya bekerja untuk majikan atau tuan tanah yang disebut dengan daimyo. Ada juga samurai yang bekerja pada suatu klan. Ketika Samurai bekerja pada klannya, ia melakukan apa saja yang diperintah tuannya seperti memungut pajak, menjadi pengawal, hingga memberantas daimyo dan/atau klan saingannya. Jika ia sudah tidak memiliki klan atau daimyo yang ia layani, samurai akan disebut sebagai Ronin alias samurai tanpa Tuan.

2. Persenjataan Samurai

Umumnya samurai membawa sebilah pedang panjang yang disebut 'Katana'. Katana adalah pedang Jepang bermata tunggal yang bilahnya melengkung dan ramping. Pelindung tangannya biasanya bentuknya bundar atau segi empat. Pedang keren ini memiliki gagang cukup panjang untuk dapat dipegang dengan dua tangan. Katana dibuat dari besi khusus yang disebut Tamahagane. Katana biasanya dipakai untuk memotong, menebas, dan juga sebagai senjata tusuk.
Selain katana, samurai menggunakan senjata-senjata lain seperti Tachi, Uchigatana, Naginata (senjata berupa tongkat panjang dengan ujung berupa belati tajam bermata tunggal), Yari (Senjata tombak lurus untuk menghadang kavaleri musuh), Nodachi (Katana berukuran besar dan panjang), Wakizashi (Pedang sampingan berupa katana berbilah pendek), Kanabo (Gada kayu gede dengan pemukul berduri di ujungnya) dan juga Yumi (Busur panjang komposit asimetris yang terbuat dari bambu, kayu, dan kulit).
Dari Kiri Ke Kanan: Tanto, Wakizashi, Katana, Nagamaki, Nagitnata, Yari, Yumi, dan Tanegashima
Ketika bangsa Portugis melakukan kontak dengan bangsa Jepang, Samurai memiliki persenjataan baru berupa Tanegashima, yaitu senapan berjenis Matchlock yang dibawa oleh bangsa Portugis saat mereka mendarat di Pulau Kyushu. Senapan berbentuk seperti senapan musket ini diproduksi dalam jumlah banyak oleh pembuat senjata api Jepang, memungkinkan para daimyo untuk melatih pasukan Ashigara, pasukan yang direkrut dari para petani. Meski mematikan, namun jika dibandingin sama yumi, jarak efektif senapan ini terbilang lumayan pendek, sekitar 80 hingga 100 meter. Tanegashima juga enggak bisa dipakai dalam kondisi hujan ataupun berangin gara-gara bubuk mesiunya yang basah akibat dari cuaca tersebut. Meski demikian, tanegashima bisa dipakai secara efektif dengan latihan yang kurang, sehingga cocok dipakai untuk petani atau infanteri rendahan.

3. Pelindungnya para Samurai

Para samurai menggunakan sejenis zirah lamelar besi yang dinamakan 'Yoroi'. Yoroi ini merupakan zirah yang dibuat dengan kumpulan Kozane atau kumpulan logam-logam kecil dari besi atau kulit yang diikat menjadi satu strip kecil. Strip kozane ini dipernis dengan lapisan khusus agar tahan air dan enggak mudah berkarat. Setelah itu, Strip-strip kozane tersebut kemudian diikat hingga membentuk sebuah Yoroi yang lengkap. Berat satu set Yoroi ini 66 pon atau sekitar 30 kilo. Wow.... Berat juga, ya! Untuk melindungi bagian kepala mereka, Samurai menggunakan sebuah helm besi lebar dan datar yang dinamakan 'Kabuto'. Ia dipasangkan dengna shikoro dan fukigaeshi untuk perlindungan bagian kepala dan leher mereka.
Setelah adanya kontak dengan bangsa Eropa pada tahun 1500-an, Samurai mulai mengenakan zirah lempeng yang dinamakan 'Tosei-gusoku', A.K.A Zirah Modern. Zirah ini menambahkan perlindungan tambahan terhadap wajah, paha, dan punggung. Bagian belakang dari zirah ini juga dapat digunakan untuk membawa bendera.

4. Samurai tidak hanya pria

Tomoe Gozen Versi Fate/Grand Order
Samurai Enggak terbatas pada cowok. Cewek pun juga bisa menjadi samurai. Salah satu yang paling kuat dan terkenal adalah Tomoe Gozen. Tomoe Gozen alias Lady Tomoe adalah samurai wanita berbakat dikisahkan ia merupakan penunggang kuda yang handal, ahli pedang terampil, dan pemanah ulung. Ia bertarung bersama suami sekaligus daimyo-nya, Minamoto no Yoshinaka, dalam perang Genpei melawan klan Taira. Waktu itu, Tomoe menjadi kapten pertama klan Minamoto. Dalam pertempuran Awazu, Kemampuan  dan memenggal kepala musuhnya, Honda no Moroshige, dalam Pertempuran Awazu pada tahun 1184. Naas, Suaminya, Yoshinaka, gugur dalam pertempuran tersebut. Tidak ada yang tahu akhir hayatnya Tomoe. Ada yang ngeklaim bahwa ia tetap bertempur sampai mati, ada juga yang menyatakan bahwa ia menghilang dan tidak diketahui rimbanya. Namun, ada juga yang menyatakan bahwa ia menikah dengan Wada Yoshimori dan menjadi biarawati setelah kematiannya.
 

5. Samurai tidak hanya orang Jepang Asli

Ternyata guys, gak hanya orang Jepang asli yang menjadi samurai. Orang-orang asing pun bisa menjadi Samurai. Kayak Wakita Naokata atau nama aslinya adalah Kim Yeocheol. Dia itu seorang samurai asal Joseon, Korea yang melayani klan Maeda pada awal masa Edo. Dia merupakan samurai dari Korea yang paling sukses dan dipromosikan menjadi komisaris di Kanazawa, Ishikawa.
Ilustrasi Kim Yeo-Cheol  a.k.a Wakita Naokata
Selain Kim, ada juga orang-orang Afrika yang menjadi samurai. Seperti Yasuke. Samurai keturunan Afrika ini pernah mengabdi pada seorang Daimyo bernama Oda Nobunaga. Yasuke datang ke Jepang pada tahun 1579 saat melayani seorang pendeta Jesuit asal Italia, Alessandro Valignano. Saat Yasuke diperlihatkan pada Nobunaga, Nobunaga berpikir bahwa kulitnya diwarnai dengan tinta hitam. Yasuke diperintahkan untuk menanggalkan pakaian atasnya dan membersihkan badannya. Namun, saat Nobunaga menyadari bahwa kulit orang Afrika memang gelap dan hitam, ia tertarik pada Yasuke dan merekrutnya menjadi samurai pada tanggal 30 Mei 1581.
Yasuke si Samurai kulit hitam asal Afrika
Orang-orang barat pun juga ada yang menjadi samurai. Salah satunya antara William Adams. William Adams dulunya seorang pelaut dan penjelajah yang berasal dari Inggris. Dia menjadi samurai dengan nama Miura Anjin saat seorang Shogun bernama Tokugawa Ieyasu memberinya hadiah berupa dua bilah pedang yang melambangkan status sebagai samurai. Selain itu, Adams mendapat gelar kehormatan sebagai abdi langsung keshogunan yang disebut hatamoto pada tahun 1613.
William Adams si Samurai asal Inggris
Whoa... Gak peduli orang Jepang atau bukan, siapa aja bisa jadi samurai, ya!

6. Samurai memiliki tingkat keaksaraan yang tinggi

Tingkat keaksaraan yang dimiliki para samurai sangat tinggi khusunya aksara kanji. Beberapa samurai bahkan memiliki perpustakaan keprajuritan yang disebut Buke Bunko, yaitu perpustakaan pribadi yang menyimpan kumpulan tulisan-tulisan mengenai strategi, ilmu perperangan, dan dokumen-dokumen lain yang berguna saat zaman feodal Jepang. Samurai kelas atas memiliki Kuge Bunko, perpustakaan keluarga yang memiliki literatur klasik, tulisan Buddha yang suci, dan sejarah keluarga.

7. Penamaan Samurai

Bicara soal nama lengkapnya samurai, nama lengkapnya samurai ternyata panjangnya bukan kaleng-kaleng lho.... Nama lengkapnya samurai berupa gabungan satu kanji dari mbahnya atau bapaknya samurai dan juga satu kanji baru. Urutannya dimulai dari Nama klan atau keluarganya, kemudian gelar dan/atau Yobina alias nama julukan, dan Nanori atau nama dewasa saat diberikan dari upacara genpuku. Contohnya adalah Oda Nobunaga yang nama lengkapnya adalah Oda Kazusanosuke Saburo Nobunaga, dimana "Oda" adalah nama keluarganya, "Kazusanosuke" adalah gelarnya saat ia menjabat sebagai wakil gubernur Provinsi Kazusa, "Saburo" adalah nama yobina-nya, dan terakhir "Nobunaga" adalah nama nanori-nya.

8. Kode Etik Samurai

Samurai memiliki kode etik yang bernama 'Bushido' yaitu tujuh kode etik yang menekankan integritas, keberanian, kejujuran, loyalitas, saling menghormati, dan menjaga nama baik. Meski masa-masa keemasan samurai sudah selesai pada zaman Restorasi Meiji, Kode etik samurai terus diwarisi dan dijaga oleh masyarakat Jepang sampai sekarang.

9. Samurai dalam Anime

Banyak anime yang menampilkan samurai sebagai tema sentral dalam ceritanya. Seperti Samurai Champloo, Shigurui, Requiem from the Darkness, Muramasa: The Demon Blade, dan lain sebagainya. Namun yang paling dikenal adalah Ruroni Kenshin atau Samurai X. Anime ini merupakan adaptasi dari serial komik super hits berjudul sama yang ditulis oleh Nobuhiro Watsuki dengan 28 volume. Mengudara pada musim dingin tahun 1996, anime ber-setting di awal Restorasi Meiji ini menceritakan seorang mantan pemburu bayaran dan pembantai berdarah dingin Kenshin Himura yang menolong orang lain untuk menebus dosa-dosa pembunuhan yang ia lakukan pada masa lalu. Selama perjalanannya, Kenshin bertemu dengan teman-teman baru seperti cewek instruktur kendo Kamiya Kaoru, Mantan anggota pasukan Sekihou Sagara Sanosuke, dan muridnya Kaoru Myoujin Yahiko. Disinilah Kenshin harus melindungi kawan-kawannya dari ancaman musuh-musuhnya sembari memegang sumpahnya. Anime berjumlah 95 Episode ini berkali-kali berhasil memasuki jajaran 100 serial yang paling ditonton di Jepang. Selain itu, Rurouni Kenshin pernah dibuat film animasi, Original Video Animations (OVA), dan juga film Live-action-nya. Keren bukan?

Epilogue

Yosh! begitulah beberapa fakta seputar samurai ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Oke Wes sugeng dalu!

Bonus Meme

Coutersy: https://1cak.com/662971

Sumber
Samurai - Wikipedia Bahasa Indonesia
Samurai - Wikipedia
Petarung Perkasa_Samurai Jepang - Wikibuku Indonesia
William Adams (Pelaut) - Wikipedia Bahasa Indonesia
Meet the Samurai Women of Asian History - ThoughtCo.com 
5 Fakta menarik tentang Samurai by naufalafif31 @ 1Cak
Facts about Samurai Samurai by samuelt2204 @ 1cak
Rurouni Kenshin - Wikipedia
10 Anime Bertema Samurai dengan Kisah Terbaik - Kincir.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentarnya ya....