Kamis, 25 Juli 2013

Visual Novel

Hei, rek. Postingan ini menceritakan tentang sebuah genre game yang lagi hot hotnya bagi para otaku. Yaitu, game Visual Novel. Visual novel (ビジュアルノベル bijuaru noberu?) atau yang terkadang disebut sebagai Sound Novel adalah jenis game interaktif yang (biasanya) dimainin di PC atau di PSP. Jenis permainan ini berbasis fiktif interaktif yang menampilkan cerita novel dalam bentuk gambar-gambar statis (yang biasanya digambar dengan gaya anime), dan dilengkapi dengan kotak percakapan untuk menyampaikan narasi dan ucapan setiap karakter, dan terkadang setiap karakter memiliki sound effect sehingga setiap karakter yang ada dalam novel visual seolah hidup dan dapat berbicara.

Saat ini masyarakat Indonesia masih belum banyak yang mengetahui tentang novel visual, dan mereka menyebutnya sebagai inovasi baru dalam dunia perkomikan (meskipun di Jepang sudah 10 tahun lebih game seperti ini hadir). Banyak sekali masyarakat Jepang yang berkumpul dan membentuk grup kecil untuk membuat Visual Novel, dan mencapai keuntungan yang cukup besar dari penjualan mereka di Comiket.

Penjelasan

Novel visual termasuk salah satu jenis permainan petualangan, yang difokuskan di bagian penceritaan, sehingga pemain seringkali hanya membaca novel di komputer pribadi yang menampilkan gambar beserta teks dan suara. Seringkali pemain diharuskan untuk memilih di antara pilihan-pilihan yang ada untuk melanjutkan ke jalan cerita selanjutnya, dan setiap pilihan yang diambil dapat memengaruhi jalan cerita dari Visual Novel yang sedang dimainkan. Istilah lain untuk novel visual adalah novel game atau sound novel (novel bersuara).

Contoh Permainan bergenre Visual Novel:

Ada banyak permainan bergenre visual novel. Namun, kebanyakan diantaranya adalah jenis Eroge alias Visual Novel untuk dewasa. Sisanya untuk remaja. Berikut contoh yang non-eroge.
  • Shira Oka (Buatan AS)
  • Kira*Kira (Edisi Semua Umur)
  • Higurashi No Naku Koro ni (Buat yang suka horror)
  • Bionic Heart (Ini juga buatan AS)
Itulah yang bisa saya berikan buat agan. Buat Erogenya mah, Lebih baik gak usah dipost. Ini bulan Ramadhan lho...

Epilog

Semoga bermanfaat buat kalian semua!
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Novel_visual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentarnya ya....